" MINUM KOPI ASLI INDONESIA BERARTI MEMBANTU MENGHIDUPI PETANI KOPI BANGSA SENDIRI "


Kamis, 17 Juni 2010

COFFEE SHOP DI JEPANG

Tak disangka, Jepang yang tidak punya tanaman kopi, ternyata warung kopinya bak jamur di musim hujan. Kurang dari 100 meter, di setiap pinggir jalan, kita bisa ketemu yang namanya warung kopi atau istilah kerennya “Coffee Shop”.

Di Jepang, tanaman kopi memang tak bakalan tumbuh. Karena kopi hanya bisa tumbuh di negara yang beriklim tropis. Sedangkan Jepang, negara yang memiliki empat musim atau subtropis. Nah, meskipun banyak coffee shop di Jepang, tak akan ada orang Jepang yang berani ngaku ini kopi dari Jepang.

Namun, meskipun begitu, Jepang adalah sebuah negara maju. Apapun bisa dia bikin. Mobil aja bisa, apalagi alat pemasak kopi. Nah, di sinilah kelebihan mereka. Meskipun mereka tidak punya kebun kopi, tetapi mereka bisa menciptakan alat pemasak kopi yang modern sekalipun. Pantas saja, rasa kopi di coffee shopnya enak-enak.

Bukankah rasa enak itu tergantung olahan bagaimana dan siapa yang memasak. Bayangkan, negara yang tidak punya pohon kopi, kok cara masaknya bisa lebih canggih dan lebih enak, ketimbang negara yang mengekspor kopinya.

Kita, dari dulu hingga sekarang, cara masak kopi itu umumnya tidak berubah. Semuanya black coffee alias kopi hitam atau paling bagus kopi susu. Mereka, waduh menu kopinya macam-macam. Ada expresso, ada Capucino, ada...wah pokoknya macam- macam...sampai susah ngapalnya...saking banyaknya. Nah, itulah kelebihan mereka.

Mestinya ni...mestinya, kita yang unggul di banding mereka. Kenapa ? Iya kan, kita yang punya kebun kopi dari zaman baheula. Dimana atuh kelemahan atau kekurangan kita ? Ya itu dia, kita mah pendidikan di nomor buncitkan. Malah, boro-boro pendidikan, warung aja dibuncitkan. Pantas aja ngak maju-maju, dari dulu sampai sekarang tidak berubah. Coba saja lihat. Paling yang berubah lebar jalan, tidak lebih..hehe.

Jika kita ingin maju pesat dan cepat, modalnya cuma satu, kembangkan akal budi dan daya kita. Caranya ? Ya itu tadi dengan pendidikan. Jepang, kenapa begitu pesat dan cepat majunya ? Karena mereka tahu, bahwa modal utama untuk memajukan bangsanya adalah pendidikan. Mereka sekolahkan anak-anak bangsanya ke berbagai negara. Pulangnya, mereka siapkan tempatnya untuk mengaplikasikan ilmunya bagi kemajuan negaranya.

Sekarang, dengan kemajuan mereka, apa saja bisa dibikin, baik untuk kepentingan yang sangat sederhana, maupun untuk kepentingan yang lebih canggih dan besar. Apalagi sekedar alat pemasak kopi. Saking gampangnya bikin alat pemasak kopi, ya tidak heran kalau warung kopi di Jepang berserakan di mana-mana, mulai dari yang kecil minimalis, hingga yang besar.

Dan hebatnya, masyarakat Jepang pun mendukung akan keberadaan coffee shop itu dengan memenuhi berbagai coffee shop yang ada di setiap pinggir jalan. Jika Anda pernah ke Jepang, pasti akan teringat pemandangan di mana banyak orang duduk santai di setiap kedai-kedai kopi di pinggir jalan. Dan orang-orang yang duduk di kedai kopi itu, tidak saja orang Jepang, tetapi juga banyak orang asing lainnya, termasuk juga saya dari Indonesia...hehe.

Bayangkan, bagaimana jadinya, kalau orang-orang tidak suka minum kopi. Pasti, tak bakalan ada kedai kopi, dan kalau ada pun, pasti tidak akan lama, dan akhirnya tutup alias bangkrut, karena tak ada yang mampir mau minum kopi. Dan lebih celaka lagi, Indonesia tak bakalan bisa lagi mengekspor kopi ke negara lain termasuk ke negara matahari terbit ini.

Nah, karena itu, biar petani kita tetap menanam kopi dan tidak bangkrut karena tidak laku kopinya, jadilah peminum kopi...kopi asli Indonesia. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar