" MINUM KOPI ASLI INDONESIA BERARTI MEMBANTU MENGHIDUPI PETANI KOPI BANGSA SENDIRI "


Kamis, 17 Juni 2010

ANEKA KOPI ENAK INDONESIA

Indonesia, sejak dulu memang sudah dikenal sebagai penghasil kopi. Ada Kopi Toraja, Kopi Lampung, Kopi Bali, Kopi Luwak, Kopi Jambi, Kopi Bengkulu, Kopi Bangka, Kopi Deli, Kopi Aceh-www.aped-project.org, dsb.

Kopi-kopi itu tentu saja meiliki rasa dan aroma sendiri-sendiri. Kesukaan orang pun berbeda-beda dalam mengkonsumsi kopi-kopi itu. Ada yang suka kopi Bali, ada yang lebih suka kopi Toraja, Aceh, dsb. Namun, menurut hemat saya, ada tujuh kota yang memiliki rasa dan aroma kopi yang luar biasa enaknya.

Kota-kota penghasil kopi itu adalah Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Pontianak, Batam, Makasar, dan Medan. Saya tidak tahu dari daerah atau kota yang lain, karena saya belum pernah membelinya, padahal setiap saya datang ke suatu kota selalu saya tanyakan tentang kopi produk lokal. Aceh juga katanya penghasil kopi. Tapi karena saya belum pernah ke sana, jadi saya belum tahu kopi produk mana yang enak di Aceh.

Pernah juga seorang teman dari Aceh membawakan saya kopi dari daerahnya, tapi rasanya menurut saya begitu kuat pahitnya, tidak seperti dari ke tujuh kota tadi. Bisa saja saya tidak tahu, jangan-jangan kopi Aceh yang kuat pahitnya itu yang bagus dan enak, meski saya belum bisa menikmatinya. Bisa saja cara masak saya yang salah, dan mungkin saja ada kemungkinan-kemungkinan lain yang belum saya pahami.

Pendek kata, saya kira, Indonesia memang punya banyak pohom kopi mulai dari Sabang sampai Merauke, dan saya yakin semua kopinya enak-enak. Boleh juga, sekedar tukar informasi, kalau ada teman yang kebetulan tahu dan suka kopi, silahkan bergabung di rubrik ini untuk lebih menambah pengetahuan kita khususnya tentang kopi yang ada di alam indah Indonesia.

Selamat minum kopi kita, dan Sejahteralah Petani Kopi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar